Makalah Corporate Social Responsibility pada PT. Rempak Karimun

Kali ini makalahmanajemen.com akab berbagi sebauh makalah yang membahas tentang pengantar manajemen dengan judul Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT. Rempak Karimun. Dalam makalah ini memuat tentang CRS pada PT. Rempak Karimun, Tipe CRS yang diterapkan pada perusahaan PT. Rempak Karimun dan Motivasi apa saja yang mendorong pengusaha untuk melaksanakan CRS pada karyawannya.

Corporate Social Responsibility pada PT. Rempak Karimun


BAB 1

1.    Latar belakang masalah
Isu tanggung jawab sosial (social corporate responsibility) ialah suatu topik yang berkenaan dengan etika bisnis. Disini terdapat tanggung jawab moral perusahaan baik terhadap karyawan perusahaan dan masyarakat disekitar perusahaan.  Oleh alasannya ialah itu berkaitan pula dengan moralitas, yaitu sebagai standar bagi individu atau sekelompok mengenai benar dan salah, baik dan buruk. Sebab etika merupakan tata cara yang menguji standar moral seseorang atau standar moral masyarakat.
Corporate Social Responsibility (CSR) ialah memberi timbal balik perjuangan terhadap masyarakat. Menurut Lord Home dan Richard Watts:
Corporate Social Responsibility (CSR) ialah kesepakatan berkelanjutan perusahaan untuk berprilaku secara etis dan berkontribusi kepada pengembangan ekonomi dengan tetap meningkatkan kualitas hidup dari para pekerja dan keluargamereka, begitu juga halnya dngan masyarakat sekitar perusahaan dan masyarakat secara keseluruhan
Dengan demikian, Corporate Social Responsibility (CSR) tidak hanya terbatas pada konsep pemberian donor saja, tapi konsepnya sangat luas dan tidak bersifat statis dan pasif, hanya dikeluarkan dari perusahaan, akan tetapi hak dan kewajiban yang dimiliki bersama antara stakeholders (pihak-pihak lain yang berkepentingan).
CSR juga sebagai salah satu kesepakatan dari PT. Rempak Karimun. PT Rempak Karimun melaksanakan kegiatan CSR bersama dengan Ketua Koperasi Tenaga Kerja Buruh Bongkar Muat (TKBM). Hal ini secara tidak eksklusif memperlihatkan keseriusan itikad baik PT. Rempak Karimun terhadap karyawan ( Buruh TKBM ) yang sedang dirawat inap di Puskesmas Tanjung Batu (9/10/15). Serta sebanyak 135 buruh bongkar muat kapal yang bekerja di pelabuhan Tanjung Maqom Selat Belia Kecamatan Kundur Barat mendapatkan life jaket, topi dan sepatu kerja, Senin (5/10/15) yang diserahkan oleh PT Rempak Karimun Cabang Tanjung Batu.
Telah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa aktivitas Corporate Social Responsibility ini mendatangkan banyak laba bagi perusahaan dan membawa dampak yang positif bagi masyarakat, tetapi apakah Corporate Social Responsibility benar-benar dilakukan oleh PT. Rempak Karimun bagi karyawan dan apa laba nya bagi PT tersebut?

2.    Rumusan Masalah
Dari uraian di atas maka yang menjadi permasalahan dalam studi perkara ini adalah:
1.      Bagaimanakah pelaksanaan kewajiban CSR pada PT. Rempak Karimun?
2.      Apakah pelaksanaan CSR tersebut telah sesuai dengan etika dan moral?

3.  Tujuan
1.       Ingin Mengetahui upaya CRS pada PT. Rempak Karimun ketika ini.
2.       Ingin mengetahui Type CRS yang diterapkan pada perusahaan PT. Rempak Karimun.
3.       Ingin mengetahui Motivasi apa saja yang mendorong pengusaha untuk melaksanakan CRS pada karyawannya.

4. Batasan Masalah
Malakalah ini membahas wacana
1.      Kondisi karyawan di perusahaan PT. Rempak Karimun ketika ini
2.     CRS yang diterapkan pada perusahaan PT. Rempak Karimun



BAB 2
1.    Dasar teori
a.      Etika Bisnis
Etika ialah budbahasa atau susila. Moral ialah budbahasa yang sesuai dengan peraturan sosial, atau menyangkut aturan atau budbahasa kebiasaan yang mengatur tingkah laku.
Menurut Schermerhorn, J.R (1996), Etika merupakan aba-aba moral dari individu atau kelompok mengenai serangkaian standar apa yang baik dan jelek atau benar atau salah.
Etika bisnis merupakan cara untuk melaksanakan kegiatan bisnis, yang meliputi seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Etika Bisnis dalam suatu perusahaan sanggup membentuk nilai, norma dan sikap karyawan serta pimpinan dalam membangun korelasi yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang saham, masyarakat. Jadi, Etika bisnis ialah serangkaian nilai moral yang akan membentuk sikap perusahaan.

b.     CRS
“Tanggung jawab Sosial Perusahaan” atau “Corporate Social Responsibility” adalah suatu konsep bahwa organisasi dan perusahaan memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan. Bentuk tanggung jawab yang ada diadaptasi dengan objeknya masing-masing. CSR sanggup dipergunakan untuk menarik perhatian para calon pelamar pekerjaan
Bentuk tanggung jawab sosial yang wajib dilakukan oleh sebuah perusahaan kepada masing-masing objek yang terkait.
1.      Tanggung Jawab Sosial Kepada Konsumen
Dalam dunia perdagangan dan industri, konsumen ialah rajanya. Apabila sebuah perusahaan ingin sukses menjual produknya, mereka harus bisa memikat hati konsumen. Hal tersebut dilakukan perusahaan dengan cara :
·        Memberikan harga yang sesuai dengan kualitas barang yang dijual (tidak ada penipuan).
·        Produk yang dijual dijamin sehat dan tidak memperlihatkan dampak negatif bagi kesehatan konsumen.
·        Memberikan diskon dan garansi pada produk yang dijual.


2.       Tanggung Jawab Sosial Kepada Karyawan
Ibarat dalam sebuah keluarga, supaya korelasi keluar sanggup dijalankan dengan baik maka keharmonisan dalam rumah tangga harus benar-benar dijaga. Oleh alasannya ialah itu,  pihak perusahaan haruslah memperlakukan karyawannya dengan baik sesuai dengan hak mereka. Berikut ini ialah bentuk tanggung jawab sosial yang bisa dilakukan sebuah perusahaan kepada karyawannya :
·        Memberikan honor yang sesuai dengan jam kerja yang dihabiskan pegawai.
·        Memberikan asuransi kesehatan, serta banyak sekali macam tunjangan kepada para pegawai.
·        Memberikan kenaikan honor menyesuaikan dengan laju inflasi di negara tersebut.
3.       Tanggung Jawab Sosial Kepada Pemegang Saham
Pemegang saham merupakan pihak yang mempercayakan uangnya untuk dijadikan modal perusahaan tersebut supaya sanggup terus beroperasi. Pemegang saham menerima laba dari pembagian dividen yang biasanya setiap tahun pada ketika laporan keuangan perusahaan.  Berikut ini ialah bentuk tanggung jawab sosial yang bisa dilakukan sebuah perusahaan kepada para pemegang saham :
·        Memberikan laporan keuangan yang transparan
·        Tidak menggelapkan hasil laba perusahaan dan tidak mengurangi laba para pemegang saham.
·        Bekerja keras supaya perusahaan sanggup berkembang untuk membayar kepercayaan yang telah diberikan oleh perusahaan.
4.      Tanggung Jawab Sosial Kepada Lingkungan
Selain bentuk tanggung jawab sosial kepada para manusia, perusahaan juga dituntut untuk memperlihatkan tanggung jawabnya kepada lingkungan disekitarnya. Tindakan sebuah perusahaan terhadap lingkungan akan dilihat para konsumen dan dijadikan oleh mereka sebagai sebuah parameter untuk menentukan, apakah perusahaan tersebut perusahaan yang baik atau tidak.  Bentuk tanggung jawab sosial yang bisa dilakukan sebuah perusahaan kepada para pemegang saham ialah sebagai berikut:
·        Membuang limbah perusahaan dengan metode yang benar dan tidak mencemari lingkungan sekitar.
·        Melakukan rehabilitasi terhadap lingkungan yang mungkin secara tidak sengaja rusak tanggapan kegiatan produksi perusahaan (misalnya perusahaan kertas yang dalam produksinya terus-menerus menebang pohon, mereka harus menanam ulang pohon tersebut dengan pohon gres yang lebih muda).


Perusahaan memandang bahwa tanggung jawab sosial ialah belahan dari tanggung jawab untuk memuaskan stakeholders. Jika stakeholders terpuaskan, maka gambaran positif perusahaan akan terbangun.
Manfaat tanggung jawab sosial perusahaan bagi Perusahaan
·         Citra positif perusahaan dimata masyarakat dan pemerintah
Manfaat bagi Masyarakat
·         selain kepentingan masyarakat terakomodasi, korelasi masyarakat dengan perusahaan akan lebih bersahabat dalam situasi win-win solution.
Manfaat bagi Pemerintah
·         Memiliki partner dalam menjalankan misi sosial dan pemerintah dalam hal tanggung jawab sosial.
c.     Manajemen risiko
Manajemen risiko merupakan salah satu hal paling penting dari taktik perusahaan. Reputasi yang dibuat dengan susah payah selama bertahun-tahun sanggup musnah dalam sekejap melalui insiden menyerupai skandal korupsi atau tuduhan melaksanakan perusakan lingkungan hidup. Kejadian-kejadian menyerupai itu sanggup menarik perhatian yang tidak diinginkan dari penguasa, pengadilan, pemerintah dan media massa. Membentuk suatu budaya kerja yang "mengerjakan sesuatu dengan benar", baik itu terkait dengan aspek tata kelola perusahaan, sosial, maupun lingkungan—yang semuanya merupakan komponen CSR—pada perusahaan sanggup mengurangi risiko terjadinya hal-hal negatif tersebut.
BAB 3
1.       Pembahasan
Setiap perusahaan intinya mencari laba semaksimal mungkin tanpa peduli kesejahteraan karyawan, masyarakat, dan lingkungan alam. Tidak seharusnya perusahaan bertindak menyerupai itu, tetapi juga harus mempunyai etika dalam bertindak memakai sumber daya insan dan lingkungan untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan.
Salah satu perusahaan yang menerapkan tanggungjawab social keada karyawan ialah PT Rempak Karimun.
Sebanyak 135 buruh bongkar muat kapal yang bekerja di pelabuhan Tanjung Maqom Selat Belia Kecamatan Kundur Barat mendapatkan life jaket, topi dan sepatu kerja, Senin (5/10) yang diserahkan oleh PT Rempak Karimun Cabang Tanjung Batu.
Kepala Cabang PT Rempak Karimun Cabang Tanjungbatu, Khomariah menyatakan, penyerahan peralatan keselamatan kerja merupakan bentuk kepedulian perusahaan yang membidangi bongkar muat dilaut, untuk menjaga keselamatan para porter.
Program penyerahan peralatan keselamatan kerja telah direncanakan semenjak usang semoga meningkatkan kesejahteraan terhadap para tenaga buruh bongkar muat.
Pemberian pemberian kepada 135 buruh bongkar muat merupakan bentuk kepedulian antar sesama. Tentunya sangat bermanfaat alasannya ialah pekerjaan yang mereka lakoni sangat beresiko dengan keselamata kerja.
Apa yang telah dilaksankan PT Rempak Karimun Cabang Tanjung Batu ini sangat kita dukung dan kedepan kita perlu meningkatkan dalam upaya memperlihatkan kemudahan bagi para pekerja bongkar muat pelabuhan.
Salah seorang kepala mandor buruh bongkar muat laut, Bambang mengaku sangat terharu sehabis mendapatkan pemberian tersebut. Yang dinilai sangat peduli akan keselamatan para pekerja buruh bongkar muat.
Penyerahan alat keselamatan kerja bagi buruh angkut pelabuhan itu diserahkan untuk tujuh kelompok, diantaranya kelompok porter Setunak, Kanipan, Selat Belia ditambah empat regu dari Kecamatan Kundur. Turut hadir dalam kesempatan itu perwakilan Polair Batam Brigadir Adi Muslim Nur serta utusan dari PT. Timah Kundur Zahir.
Selain itu, Ketua PT Rempak Karimun, Khomariah sekaligus Ketua Koperasi Tenaga Kerja Buruh Bongkar Muat (TKBM) pada Jumat (9/10) membesuk Bambang Tauna yang dirawat inap di Puskesmas Tanjung Batu dan juga menyerahkan pemberian untuk pengobatan, sebagai bentuk kepedulian terhadap nasib buruh bongkar muat.
Komitmen untuk memperhatikan nasib  seluruh anggota TKBM di bahari akan di asuransikan melalui jaminan kesehatan melalu Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS).

Kesimpulan
1.                  PT. Rempak Karimun menerapkan kewajiban CRS sesuai dengan etika dan moral, serta sesuai dengan apa yang dibutuhkan karyawannya untuk kepentingan PT atau pekerja tersebut
2.                  Ketua PT. Rempak Karimun bukan hanya  menjamin kesehatan karyawan, tetapi juga memperhatikan keselamatan nyawa para pekerja
3.                  CRS yang dilakukan PT. Rempak Karimun sesuai dengan etika bisnis yang berlaku yaitu Bisnis selalu mempunyai dua tanggung jawab yaitu tanggung jawab hemat dan tanggung jawab sosial.
4.                  Manfaat tanggung jawab sosial perusahaan yang telah dilakukan PT. Rempak Karimun menerima gambaran positif perusahaan dimata masyarakat dan pemerintah  alasannya ialah berfokus kepada  kepentingan karyawannya sehingga perusahaan ini sanggup menarik perhatian para calon pelamar pekerjaan.
5.                  CRS bermanfaat bagi karyawan dan juga bagi perusahaan.
                              
Buat lebih berguna, kongsi:
close