Pengertian Manajemen Keuangan Internasional

Untuk memulai pembahasan mengenai Manajemen keuangan internasional, sebaiknya kita mempelajari definisi dari istilah manajemen, yaitu mengurus, mengawasi, seni melaksanakan, dan mengatur orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. 

Pengertian Manajemen Keuangan Internasional

Istilah keuangan yaitu semua hal-hal berkaitan dengan uang, pola penjualan. Internasional yaitu hal-hal yang ada hubungannya dengan negara lain (lebih dari 1 negara), pola export dan import. Zaman sekarang, bisnis di dalam Indonesia semakin hari semakin banyak berkaitan dengan luar negeri, itulah alasan untuk saya mengapa berguru “Manajemen Keuangan International”. 


Manajemen Keuangan Internasional (MKI) yaitu ilmu dan seni yang merupakan bab dari ekonomi internasional yang mempelajari dan menganalisis pengelolaan POAC (Planning, Organizing, Actuating and Controlling) sumber daya keuangan unit makro ekonomi (perusahaan, organisasi, perorangan) khususnya berkenaan dengan imbas fluktuasi kurs valas terhadap acara ekonomi keuangan internasional yang meliputi International Commercial Transaction, International Financial Transaction, International Financial Risk Management, Financial Report, Financial Performance. (Hamdy Hady, 2006).

Manajemen Keuangan Internasional mampu didefinisikan sebagai administrasi keuangan untuk perusahaan multinasional. Perusahaan multinasional memiliki beberapa ciri yang berlainan dengan perusahaan domestik. Salah satu ciri yang menonjol terletak pada wilayah operasi yang meliputi beberapa wilayah negara, kondisi perekonomian, politik, sosial, dan budaya yang berbeda. Pengelolaan keuangan perusahaan multinasional tentunya juga akan berbeda dengan pengelolaan perusahaan domestik. 

Seorang manajer keuangan international bertujuan mengelola perusahaan biar mencapai tujuan perusahaan, yaitu meningkatkan nilai perusahaan dan meningkatkan nilai saham. Untuk mencapai tujuan tersebut, manajer keuangan haruslah memperoleh laba (profit) yang tinggi. Untuk mencapai tujuan itu, sangat bergantung kepada banyak sekali kendala, diantaranya: perbedaan nilai mata uang, perubahan nilai mata uang naik atau turun sangat besar lengan berkuasa terhadap profit. Kondisi ekonomi negara investor sendiri dan negara investor yang akan investasi harus diperhatikan, kondisi ekonomi akan mensugesti nilai mata uang naik atau turun. Suku bunga di setiap negara berbeda, investor mampu menginvestasikan uangnya ke bank luar negeri yang memiliki bunga lebih tinggi, dan juga imbas oleh inflasi negara masing-masing.

Persamaan dan Perbedaan Manajemen Keuangan dan Manajemen Keuangan Internasional yaitu sebagai berikut:

A. Persamaan :
membahasan keputusan investasi, keputusan pendanaan dan akal deviden serta bertujuan memaksimalkan nilai perusahaan dengan memaksimalkan harga saham perusahaan.

B. Perbedaan :
Manajemen Keuangan :
untuk perusahaan domestik walaupun punya banyak anak perusahaan tetapi masih dalam satu negara (satu mata uang) sehingga tidak terjadi dilema resiko perubahan nilai tukar (foreign exchange rate), perpajakan dan akuntansu khususnya pembuatan laporan keuangan rekonsiliasi.

Manajemen Keuangan Internasional :
  • membahas perihal lingkungan administrasi keuangan internasional, faktor-faktor yang mensugesti nilai tukar dan neraca pembayaran serta implikasinya pada suatu negara
  • Pasar valuta gila (foreign exchange market) dan bagaimana pasar valas ini berfungsi dalam perekonomian dunia. 
  • Mengukur dan administrasi ekposur mata uang asing,
  • Analisis investasi langsung,
  • Manajemen operasi multinasional
  • Perbankan internsional


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Manajemen Keuangan Internasional"

Posting Komentar