Makalah Pemasaran Media Online




BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi yang semakin pesat  mulai digunakan tidak  hanya untuk  melakukan  tukar  informasi,  berita,  dan  semacamnya,  namun  saat  ini teknologi  sudah  mulai  digunakan  untuk  merambah dan  memajukan dunia  bisnis.
Salah satu  teknologi  yang  perkembangannya  semakin  pesat  adalah  teknologi internet, teknologi dunia maya ini merupakan teknologi yang ketika ini menjadi demam isu untuk  berbagai  kalangan,  baik  dari  anak-anak  sampai  orang  tua  saat  ini menggunakannya. Dengan internet  setiap  orang  dapat  berkomunikasi  dengan orang lain yang berada di banyak sekali pecahan dunia tanpa dibatasi waktu dan ruang.
Melalui  media  ini mereka  dapat  memperoleh  dan  menyampaikan  banyak sekali informasi yang dibutuhkan kapan dan dimana saja. Jejaring sosial networking sudah semakin maju yang ketika ini bisa dikatakan sebagai  yang  fenomenal  yaitu twitter  dan  facebook. Search engine yang  ada  didunia maya juga bisa dimanfaatkan untuk membuat seseorang tidak hanya bisa duduk  diam  tanpa  penghasilan,  namun  dengan  internet  mereka  bisa mendapat penghasilan.
Internet ketika ini dirasa bisa menjadi solusi pemasaran yang sangat  bagus  karena  bisa  diakses  oleh  orang  dalam  waktu  yang  tanpa  batas  danbisa  diakses  oleh  orang  lain  darimana  saja  berada. Pemasaran media online dapat  dikatakan sebagai bisnis yang menjanjikan untuk ketika ini. Maka dari itu makalah ini akan membahas pemasaran media online.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apakah pemasaran media online itu?
2.      Bagaimana seni administrasi pemasaran media online?
3.      Apa dampak kasatmata dan negatif pemasaran media online?

BAB II
PEMBAHASAN

A.     Sejarah Komunikasi Pemasaran
Pengelola pemasaran hingga sekarang masih ada yang beranggapan bahwa kegiatan promosi yang paling efektif yaitu beriklan melalui media massa. Anggapan ini menjadikan fungsi promosi suatu perusahaan, selama beberapa dekade didominasi oleh iklan media massa. Perusahaan tergantung pada biro iklan dalam menberikan bimbingan dan saran kepada managemen mengenai segala hal yang terkait dengan komunukasi pemasaran. Bentuk komunikasi pemasaran, selain beriklan di media massa, ibarat promosi penjualan dianggap sebagai pekerjaan tambahan. Pengelola pemasaran pada masa kemudian membuat batasan secara tegas antara fungsi pemasaran dan promosi. Mereka merencanakan dan mengelola kegiatan pemasaran dan promosi dengan anggaran yang terpisah.
Pada 1980-an, banyak sekali perusahaan di negara maju khususnya Amerika Serikat, mulai menyadari perlunya untuk mengintegrasikan seluruh instrumen promosi. Perusahaan mulai bergerak menuju proses yang disebut dengan komunikasi pemasaran terpadu atau Komunikasi Pemasaran s (IMC). Saat ini banyak perusahaan mulai menyadari perlunya upaya mengintegrasikan banyak sekali kegiatan komunikasi pemasaran yang selama ini dilakukan secara terpisah. Kegiatan komunikasi pemasaran itu meliputi :
a.       memasang iklan dimedia massa (media advertising)
b.      pemasaran pribadi (direct marketing)
c.       promosi penjualan (sales promotion)
d.      penjualan personal (personal selling)
e.       pemasaran interaktif
f.        hubungan masyarakat (public relations) untuk mencapai komunikasi pemasaran yang lebih terpadu.
B.     Komunikasi Pemasaran Terpadu
Adalah sebuah proses perencanaan marketing komunikasi yang memperkenalkan konsep perencanaan komprehensif untuk mengevaluasi peranan strategis dari banyak sekali elemen komunikasi pemasaran, ibarat public relation, advertising, direct selling, sales promotion, dan interactive marketing, untuk menawarkan kejelasan, konsistensi, serta efek komunikasi yang maksimum. Komunikasi Pemasaran Terpadu sering disebut dengan IMC merupakan sebuah proses seni administrasi bisnis dalam mengelola kekerabatan dengan konsumen yang pada dasarnya untuk menggerakkan brand value.
C.     Tujuan dari IMC
Tujuan yang ingin dicapai IMC yaitu untuk memengaruhi masyarakat dengan elemen promosinya hingga ke tingkat kognisi, affeksi, dan konasi. Elemen promosi yang digunakan terbagi atas soft sell dan hard sell.
Soft sell berupa advertising, public relation, CSR, interactive marketing yang bertujuan untuk memengaruhi konsumen ke tingkat kognisi dan affeksi. Sedangkan, hardsell berupa personal selling, direct marketing, sales promotion untuk memengaruhi konsumen ke tingkat konasi.
D.    Tahapan Evolusi IMC
1.      Koodinasi taktis santo
Meliputi pengkombinasian komunikasi interpersonal dan cross-functional sebagai elemen promosi. Mampu melihat tujuan secara spesifik yang diubahsuaikan dengan tools penjualannya.
2.      Mendefinisikan Ruang Lingkup Marketing Komunikasi
Meliputi ekspansi elemen komunikasi, menawarkan informasi kepada pelanggan, dan mengevaluasi feedback.
3.      Mengaplikasikan teknologi informasi
Memanfaatkan teknologi informasi dengan membuat database administrasi untuk mengelola kekerabatan dengan konsumen.
4.      Integrasi Strategik dan Keuangan
Menyelaraskan acara komunikasi dengan program keuangan dan memperkirakan Return on Customer Investment (aliran dana masuk dari konsumen).
E.     Strategi IMC
  • Target market vs sasaran audience
Target market merupakan siapa yang mengonsumsi produk kita. Target audience merupakan siapa yang menjadi sasaran acara komunikasi. Contoh : Produk Susu Formula Bayi ->Target Market : Bayi -> Target Audience: Orang Tua si Bayi.
  • Message Strategy
Meliputi konsep, penetrasi pesan (pendekatan dan daya tarik), serta sanksi pesan.
  • Media strategy
Kombinasi penggunaan media massa, interpersonal, dan interaktif.
  • Line Elements
Meliputi soft-sell dan hard-sell.
  • Budget
Top-down atau bottom-up.
F.      Proses Perencanaan IMC
Dalam melaksanakan IMC, perlu merencanakan 5 hal sebagai berikut
  • Mengidentifikasi konsumen dan kemajuan.
  • Memperkirakan konsumen dan nilai kemajuan.
  • Merencanakan pesan komunikasi.
  • Memperkirakan ajaran dana masuk dari konsumen.
  • Mengadakan evaluasi sesudah membeli dan analisis masa depan akan ajakan konsumen terhadap produk.
G.    Proses Mengelola IMC
Ada 7 langkah yang dibutuhkan untuk mencapai hasil yang maksimal dalam komunikasi pemasaran terpadu
  1. Review of marketing plan. Dalam tahap ini, perencana mempersiapkan data internal (situasi organisasi dan atribut produk) dan eksternal (situasi makro, target market, dan competitor).
  2. Analysis of promotional acara situation. Dalam tahap ini, perencana menganalisa kelebihan dan kelemahan data, menemukan titik permasalahan, dan mencari solusinya.
  3. Analysis of communication process. Dalam tahap ini, perencana enganalisa jawaban akseptor informasi, tahapan dalam pengiriman informasi, dan saluran informasi yang digunakan.
  4. Budget determination[5]. Dalam tahap ini, perencana melaksanakan cara penyusunan anggaran, apakah dengan top-down (modal sudah tersedia di awal) atau bottom-up (melihat berapa biaya yang dibutuhkan dalam penyusunan planning dan bagaimana pengalokasiannya).
  5. Develop IMC program Perencana mengembangkan acara komunikasi pemasaran yang akan ditempuh.
  6. Integrate and implement IMC strategies Perencana memakai kombinasi seni administrasi marketing mix, memproduksi iklan, membeli media time dan space, serta melaksanakan desain yang telah ditetapkan sesuai dengan acara yang ditempuh.
  7. Monitor, evaluate, and control IMC program. Dalam tahap ini, mengevaluasi hasil kinerja apakah sudah efektif atau belum dan melihat apakah taktik yang ditempuh sesuai dengan seni administrasi yang diambil.
H.    Pemasaran Media Online
Pemasaran berdasarkan Philip Kotler yaitu suatu proses sosial dan manajerial dimana seseorang atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan meleui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai. Saat ini pemasaran tidak hanya dilakukan dengan cara memasang iklan di media massa (televisi dan radio) ataupun di media cetak ibarat koran, majalah dan sebagainya. Sesuai dengan perkembangan teknologi yaitu internet, pengusaha juga memanfaatkan teknologi gres tersebut sebagai media pemasaran yang gres yang biasa disebut dengan pemasaran internet/online.
Pemasaran media online  pada dasarnya yaitu kegiatan komunikasi pemasaran dengan menggunakan media Internet. Pada awalnya memakai halaman-halaman berformat HTML yang bisa diakses oleh pengguna Internet. Itulah awal dari website yang kemudian menjadi ‘rumah kedua’ bagi perusahaan-perusahaan yang sudah eksis untuk menampilkan jati dirinya. Pada perkembangannya pemasaran online  tidak hanya memakai media website, namun juga email dan aplikasi-aplikasi lain yang berjalan di atas protocol Internet. 
Selama bertahun-tahun kita telah mencicipi perubahan yang paling dinamis dan revolusional dalam dunia pemasaran yaitu periklanan dan promosi. Perubahan-perubahan tersebut didorong oleh perkembangan yang terjadi dalam hal teknologi yang telah mengarahkan dunia pemasaran kepada pertumbuhan komunikasi melalui media interaktif khususnya internet. Internet telah merubah cara perusahaan dalam mendesain dan mengimplementasikan keseluruhan seni administrasi bisnis dan pemasaran mereka. Internet juga mempengaruhi acara komunikasi pemasaran mereka.
Jutaan perusahaan baik perusahaan multinasional hingga bisnis lokal telah mengembangkan website untuk mempromosikan produk dan jasa mereka dengan cara menyediakan informasi untuk membuat interaksi dengan calon konsumen. Fasilitas interaktif yang ditawarkan internet yaitu salah satu laba yang utama. Berbeda dengan media tradisional dimana sangat menonjolkan bentuk komunikasi searah, media digital ibarat internet memngkinkan bentuk komunikasi dua arah.
Internet sebagai bab dari acara Komunikasi Pemasaran  dapat menjadi alat yang berkhasiat dalam hal branding. Sangat disayangkan banyak perusahaan belum menemukan bagaimana menjadi merk yang sukses melalui internet. Virus dari social networking membuat pengguna internet atraktif dan pemasar berniat untuk menyebarkan informasi dari verbal ke mulut.
Terdapat banyak alasan mengapa internet menjadi alat pemasaran yang ideal. Internet bisa menjangkau jutaan orang tetapi juga masih bisa digunakan untuk mengejar sasaran pasara yang terdiri dari sekelompok individu tertentu. 24 jam dalam 7 hari sangat menarik dan tidak terdapat batasan geografis. Menurut Internet Marketing for Dummies, internet yaitu sarana yang ideal sekaligus yang terburuk untuk memasang iklan. Bagusnya yaitu iklan online sangat gampang untuk melacak jumlah orang yang telah mengunjungi iklan yang dipasang. Segi buruknya yaitu tidak bisa memastikan bahwa iklan tersebut pribadi menghasilkan penjualan.
Pemasaran media online mulai terkenal sejalan dengan makin populernya penggunaan internet. Sebelum adanya pemasaran media online, kegiatan pemasaran membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Akibatnya para perusahaan kecil atau yang gres bertumbuh tidak bisa melaksanakan acara pemasaran secara optimal (Lasmadiarta, 2010:3).
I.       Strategi Pemasaran Media Online
Strategi komunikasi pemasaran media online yaitu melaksanakan acara pemasaran dengan memakai semua kemudahan yang disediakan oleh internet dengan tujuan meningkatkan hasil penjualan dan menjalin komunikasi yang lebih baik kepada pelanggan. Pemasaran dengan internet pada dasarnya mempunyai konsep yang sama, walaupun memakai sarana yang berbeda-beda. Oleh lantaran itu acara pemasaran dilakukan tetap berpedoman pada market, produk, website, trafik dan dapat dipercaya (Lasmadiarta, 2010:9-19).
Ada sejumlah alasan mengapa perjuangan mulai membidik pasar Internet. 
Ø  Para  penonton  televisi  mulai  berpindah  ke  Internet.  Karena  mereka  pindah maka media iklan harus mengikutinya, dengan perkiraan bahwa tujuan pemasar mana  pun  adalah  untuk  menjangkau  target  audiens-nya  secara  efektif  dan efisien. Para pemasar mengakui bahwa mereka harus melaksanakan pembiasaan perencanaan pemasarannya untuk mengejar terus meningkatnya jumlah orang yang  menghabiskan  waktu  di  depan  media  online,  seringkali  dengan meninggalkan media yang lain.
Ø  Untuk  membidik  pasar  internet  menggunakan  iklan  yang  dapat  di-update setiap  waktu  dengan  biaya  minimal:  karena  itu  iklan-iklan  di  internet  selalu bisa tampil baru.
Ø  Pasar internet sanggup menjangkau pembeli potensial dalam jumlah yang sangat besar dalam hitungan global.
Ø  Biaya  untuk  iklan  online  kadang-kadang  lebih  murah  dibandingkan  iklan televisi,  koran,  atau  radio.  Media  beriklan  yang  disebutkan  belakangan  itu menjadi lebih mahal lantaran ditentukan oleh ruang yang akan dipakai, berapa hari (waktunya) iklan tersebut akan dimuat, serta pada berapa stasiun televisi dan koran lokal atau nasional iklan tersebut akan dipasang.
Ø  Iklan  di  internet  dapat  secara  efisien  menggunakan  konvergensi  teks,  audio, grafik, dan animasi. 
Ø  Internet sendiri sedang berkembang dengan pesatnya.
Ø  Kita dapat  membuat  iklan  secara  interaktif  dan  dibidikkan  ke kelompok-kelompok tertentu dan atau perorangan.
Pengertian seni administrasi pemasaran yaitu pengambilan keputusan-keputusan mengenai bauran pemasaran, biaya marketing, dan alokasi pemasaran, dalam kaitannya dengan kondisi persaingan dan keadaan lingkungan yang diharapkan.
Dari pengertian administrasi dan seni administrasi pemasaran di atas sanggup disimpulkan bahwa administrasi seni administrasi pemasaran yaitu proses perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap seni administrasi pemasaran. Dengan demikian, dalam administrasi seni administrasi pemasaran terkandung makna perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan pemasaran yang meliputi bauran pemasaran, biaya pemasaran, dan alokasi pemasaran.
Untuk mendapat hasil yang optimal dari kegiatan pemasaran online, tentu saja dibutuhkan banyak sekali strategi. Berikut ini yaitu beberapa seni administrasi pemasaran online yang sanggup diterapkan salah satunya, atau beberapa seni administrasi secara simultan, baik oleh individu maupun perusahaan atau tubuh usaha.
1.      Memiliki situs web atau blog
Ada sejumlah syarat yang mesti dipenuhi biar pemasaran memakai media situs web atau blog sanggup berjalan efektif dan efisien, yang pada hasilnya tujuan dari pemasaran yang telah ditetapkan sanggup tercapai. Tujuan pemasaran sanggup berupa peningkatan penjualan, peningkatan merk awareness, atau mengedukasi pasar.
Syarat-syarat yang mesti dipenuhi web atau blog biar bisa menjadi media pemasaran online, antara lain desain yang menarik, tampilan yang memikat, sajian informasi yang lengkap, kenyamanan, dan kemudan untuk diakses.


2.      Bergabung dalam jaringan sosial, semisal Facebook dan Twitter
Jumlah pemilik akun di jaringan sosial tidak terbatas. Mereka berasal dari banyak sekali kalangan, kelompok usia, dan wilayah daerah tinggal. Di antara mereka tentu banyak yang berpotensi untuk disasar menjadi segmen pasar. Dengan mempunyai akun di jaringan sosial, para pelaku bisnis akan terhubung dengan mereka dan sanggup menjalin komunikasi secara intens serta melaksanakan kegiatan pemasaran.
3.      Online advertising
Jenis online advertising, antara lain PPC dan CPM. PPC (Pay Per Click), yaitu seseorang atau tubuh perjuangan sebagai pemasang iklan hanya membayar iklan ketika ada orang yang mengklik iklan tersebut. Sedangkan, CPM (Cost Per Million Impressions) yaitu pengiklan membayar iklannya berdasarkan berapa kali iklan tersebut dilihat pengunjung.
Strategi-strategi pemasaran online tersebut bila dipadukan dengan fungsi-fungsi manajemen, akan melahirkan administrasi seni administrasi pemasaran berikut ini.
Perncanaan seni administrasi pemasaran
·         Merencanakan tujuan yang hendak diraih dari implementasi suatu seni administrasi pemasaran online.
·         merencanakan jenis media yang akan digunakan, apakah melalui web atau blog, jejaring sosial, atau online advertising.
·         Merencanakan anggaran untuk pelaksanaan suatu seni administrasi pemasaran.
Pengorganisasian dan penggerakan seni administrasi pemasaran
·         Menetapkan salah satu atau beberapa seni administrasi pemasaran online yang akan digunakan.
·         Pembuatan desain, baik visual maupun konten untuk web, blog, atau online advertising semenarik mungkin, dengan penggunaan yang semudah mungkin bagi calon konsumen.
·          Sinkronisasi planning anggaran dengan implementasinya.


Pengawasan seni administrasi pemasaran
·         Pengawasan terhadap implementasi seni administrasi pemasaran online yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan pemasaran.
·         Menganalisis efektivitas dari kegiatan pemasaran yang telah dilakukan.
·         Melakukan penilaian terhadap tingkat pencapaian tujuan dari kegiatan pemasaran.
·         Menjaga biar komunikasi dengan para konsumen melalui banyak sekali seni administrasi pemasaran online terus berjalan dan terjaga dengan baik.
·         Penilaian terhadap desain visual dan konten media pemasaran online, apakah masih sesuai atau perlu dilakukan perubahan-perubahan.
Begitulah administrasi dan seni administrasi pemasaran bersinergi, yang melahirkan administrasi seni administrasi pemasaran. Praktik administrasi yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan, yang dipadukan dengan banyak sekali seni administrasi pemasaran akan membuat acara pemasaran online menjadi makin terkonsep, terarah, tajam, dan jelas. Dari praktik pemasaran yang terarah, terkonsep, jelas, dan tajam ini, peluang keberhasilan yang bisa diraih tentu saja makin besar dibandingkan bila kegiatan pemasaran online dilakukan tanpa dilandasi praktik administrasi yang baik. Berawal dari praktik administrasi seni administrasi pemasaran online,  pada gilirannya akan menjadi penopang bangunan bisnis biar senantiasa bisa berdiri kukuh.
Agar  lebih  mendukung untuk pertumbuhan  bisnis, kuncinya  adalah  rajin mengupdate  kontent  yang  ada pada  blog  tersebut.  Bisa  jadi  anda  telah mendapatkan  calon  konsumen  yang  selalu  setia  menengok  produk  terbaru  anda, namun  menjadi  kecewa  karena  berita  pada  blog  sudah  tidak  relevan  dengan produk  kita,  maka  dari  itu  kita  dituntut  untuk mengupdate  kontent supaya bisnis terlihat lebih hidup dan dinamis.
J.      Dampak Positif Dan Negatif Pemasaran Media Online
1.      Dampak Positif
a)      Tidak membutuhkan modal perjuangan yang terlalu besar.
b)      Menjangkau pasar yang lebih luas dibandingkan toko offline.
c)      Biaya operasional yang cenderung lebih murah dibandingkan pemasaran lainnya
d)      Waktu kerja pemasaran online yang tidak terbatas
e)      Mudahnya pelayanan yang diberikan kepada para konsumen
f)        Akan  membuat industri lebih  mudah  bereskspresi
g)      Secara  tidak  langsung  dapat  mengedukasi konsumen.
2.      Dampak Negatif
Bagi Konsumen
a)      Penipuan
b)      Tidak sesuai dengan harapan
c)      Keterlambatan pengiriman
d)      Kesulitan transaksi
e)      Pelayanan buruk
Bagi Produsen
a)      Kehilangan segi finansial secara pribadi lantaran kecurangan.
b)      Pencurian informasi diam-diam yang berharga.
c)      Kehilangan kesempatan bisnis lantaran gangguan pelayanan.
d)      Penggunaan terusan ke sumber oleh pihak yang tidak berhak.
e)      Kehilangan kepercayaan dari para konsumen.
f)        Kerugian yang tidak terduga.
K.    Contoh Pemasaran Media Online
Contoh yang saya ambil dari pemasaran media ini yaitu sebuah bisnis online dari seorang penulis novel berjulukan Ollie didalam novelnya yang berjudul “Alphawife” yang belum usang saya baca yaitu www.kutukutubuku.com. Setelah saya buka alamat tersebut persis ibarat dugaan saya bahwa bisnis online tersebut merupakan bisnis penjualan buku, novel, dan komik yang memakai pemasaran media online.
Berawal dari hoby baca buku dan merealisasikannya dengan membuat website kutukutubuku.com dengan tujuan untuk mengembangkan keajaiban sebuah buku dengan lebih banyak orang dengan kesepakatan pelayanan yang cepat serta pengiriman tanpa keringat, kami berharap tidak akan membuat pelanggan menunggu lebih usang untuk membaca buku murah namun berkualitas.
Cara belanja di toko buku online kutukutubuku.com ini yaitu dengan cara :
  1. Daftar Makara Anggota Kutukutubuku.com (bagi yang belum daftar saja)
  2. Login Anggota di sebelah kanan atas homepage
  3. Cari Buku berdasarkan judul atau pengarang di kolom search maupun lewat kategori genre buku
  4. Untuk membeli, klik tombol BUY
  5. Di halaman Shopping Cart, konsumen sanggup mengedit jumlah buku yang hendak dibeli atau mengeluarkan buku dari shopping cart dengan klik tulisan take out
  6. Untuk lanjut berbelanja, klik tombol CONTINUE SHOPPING
  7. Klik tombol CHECKOUT jika sudah selesai berbelanja.
  8. Isi formulir data alamat pengiriman, pilih Cara Pembayaran, Gift Wrap Setting, dll. Klik PROCEED jika sudah selesai.
  9. Di halaman Order Confirmation, cek ulang order, pastikan, jenis/jumlah buku, ongkos kirim & alamat pengiriman sudah benar. Klik PROCEED lagi.
  10. Selamat! Anda gres saja memesan buku dari kutukutubuku.com Order Receipt akan segera masuk ke email Anda. Silahkan Cek email  segera.
  11. Jika telah selesai membaca dan memastikan pesanan Anda sesuai dengan Order Receipt yang diterima pada email Anda dan Anda telah melaksanakan pembayaran melalui transfer Bank BCA atau Mandiri, silahkan masukan data transfer pada form CONFIRM PAYMENT. (bagi yang menentukan melaksanakan pembayaran via transfer Bank
Berikut yaitu cara untuk daftar menjadi anggota kutukutubuku.com :
  1. Masuk ke halaman Pendaftaran Anggota Baru
  2. Isi formulir registrasi dengan terang & lengkap untuk menjamin pengiriman barang yang Anda pesan hingga di tangan Anda.
  3. Klik SUBMIT
  4. Check email Anda. Akan masuk email aktivasi ke inbox Anda. Klik pada link di email tersebut untuk mengaktifkan akun Anda.
  5. Anda sudah menjadi member Kutukutubuku.com 
Untuk sistem pembayaran dan ongkos kirim :
Pembayaran yaitu melalui :
1.      Transfer Bank BCA atau MANDIRI
2.      Western Union
3.      Moneygram
Setelah selesai melaksanakan pembayaran, lakukan konfirmasi pembayaran segera.
Important Note:
·         Jika belum membayar lunas pesanan, maka paket tidak akan dikirim.
·         Jika menentukan untuk membayar dengan transfer Bank, silahkan perhatikan kembali Order Receipt yang diterima di email Anda sebelum melaksanakan pembayaran, kemudian sesudah melaksanakan transfer via Bank BCA atau Mandiri segera isi data transfer pada form CONFIRM PAYMENT
Ongkos Kirim
1.      Ongkos kirim untuk wilayah Jakarta : Rp. 6.000 ,-  (flat delivery)
2.      Untuk ongkos kirim diluar wilayah Jakarta akan diubahsuaikan dengan tarif yang berlaku pada TIKI JNE. Cek pada website jasa pengiriman ynag kami pakai untuk lebih lengkapnyaTIKI JNE.













BAB III
KESIMPULAN

            Di zaman yang sudah sangat berkembang ini pemasaran tidak hanya dilakukan dengan memasang iklan di televisi, radio maupun media cetak, pemasaran juga dilakukan dengan memakai new media (internet) seiring dengan semakin canggihnya teknologi. Pemasaran online yaitu pemasaran yang dilakukan melalui sistem komputer online interaktif, yang menghubungkan pembeli dan penjual secara elektronik dengan cara melaui website, blog atau media umum ibarat facebook dan twitter. Selain itu dampak kasatmata dan negatif pemasaran media online harus di perhatikan biar pemasaran online yang telah disusn berjalan dengan lancar dan berhasil.




















DAFTAR PUSTAKA

http://www.marketing.co.id
http://bisnisabdoels.blogspot.com
www.kutukutubuku.com

Buat lebih berguna, kongsi:
close